Grammatophyllum papuanum (Anggrek raksasa Irian)

SHARE
Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)
Genus: Grammatophyllum
Spesies: Grammatophyllum papuanum/Grammatophyllum speciosum

Sinonim
Grammatophyllum cominsii Rolfe 1891; Grammatophyllum fastuosum Lindl. & Paxton 1851; Grammatophyllum giganteum Blume ex Rchb. f. 1877; Grammatophyllum macranthum Rchb. f. 1862; Grammatophyllum pantherinum Rchb.f 1878; Grammatophyllum papuanum J.J. Sm. 1911; Grammatophyllum sanderianum hort. 1893; Grammatophyllum wallisii Rchb. f. 1877; Pattonia macrantha Wight 1852

Spesies
Grammatophyllum speciosum di Kebun Raya Bogor Indonesia
Grammatophyllum elegans (Fiji dan Filipina).
Grammatophyllum fenzlianum (Ambon, Maluku).
Grammatophyllum kinabaluense (Kalimantan Utara).
Grammatophyllum martae (Filipina)
Grammatophyllum measuresianum (Filipina).
Grammatophyllum multiflorum (Filipina).
Grammatophyllum rumphianum (Kalimantan, Maluku).
Grammatophyllum schmidtianum (Marianas).
Grammatophyllum scriptum : (Malaysia sampai Pasifik Selatan).
Grammatophyllum scriptum var. boweri : (Papuasia sampai Santa Cruz Is.)Hemicr. or cham.
Grammatophyllum scriptum var. scriptum: (Malaysia sampai Pasifik Selatan). Hemicr. or cham.
Grammatophyllum speciosum : (Indo-China sampai kepulauan Solomon)
Grammatophyllum stapeliiflorum (Malaysia, Filipina sampai Selandia Baru).
Grammatophyllum wallisii (Filipina )

Anggrek Grammatophyllum orang menyebutnya sebagai anggrek macan. Entah kenapa demikian. Apa karena corak warnanya yang loreng coklat dan ada yang totol coklat. Atau ketahanan dan kekuatan hidupnya yang seperti macan. Lepas dari itu, keindahan anggrek ini bila berbunga, indah sekali, tangkai bunga panjang dengan kuntum bunga yang banyak  Anggrek Grammatophyllum adalah genus dari 11 spesies anggrek. Nama ini diambil dari bahasa Yunani gramma yang berarti tanda dan phyllon yang berarti daun.
Anggrek species Grammatophyllum speciosum pernah ditemukan di Papua, yang ditetapkan dengan nama latin Grammatophyllum papuanum.

Sebaran Wilayah
Genus epifit ini menyebar di hutan hujan dari Indo-China, ke Indonesia, Filipina, Papua Nugini, dan pulau-pulau Pasifik Barat Daya. Genus ini ditetapkan oleh C. L. Blume pada tahun 1825.

Ciri - ciri fisik
Genus ini merupakan jenis anggrek yang berukuran sangat besar, termasuk anggrek raksasa (Grammatophyllum speciosum) yang diyakini sebagai spesies anggrek terbesar yang pernah ada. Pseudobulb-nya dapat tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 2,5 m. Tanaman dapat berkembang menjadi rumpun raksasa dengan berat dari beberapa ratus kilogram hingga satu ton. Akar membentuk kumpulan spektakuler. Anggrek ini termasuk berumbi semu pendek, umbinya tidak  tertutup oleh upih daun. Dan beberapa helai daun tumbuh dipuncak umbisemu.  Perawakan (habitus) tanaman dari tipe ini mirip cymbidium. Anggrek macan ini paling baik ditanam dalam krat dan digantung. Juga dapat ditempelkan pada dahan pohon dengan sinar matahari langsung. Habitat Grammatophyllum menyukai daerah dengan suhu udara hangat (antara 13-30oC), dengan intensitas cahaya yang sedang.

Anggrek ini dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999. Sehingga tumbuhan berfamili Orchidaceae ini tidak diperbolehkan diperjualbelikan kecuali untuk generasi ketiga. Generasi ketiga adalah tumbuhan hasil penangkaran yang telah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang, biasanya BKSD.

Terima kasih telah membaca artikel kami, nantikan artikel kami tentang Taman selanjutnya


SHARE